Friday, June 19

A Tribute for ...............

Akhir-akhir ini cewe itu terus dateng ke mimpi guw. Dan dia selalu mengungkapkan rasa kangennya diujung pertemuan. Guw bingung harus bilang apa? Mungkin emang guw yang salah ya.. Iya, emang guw yang salah! Hari ini tepatnya pagi tadi guw bawa mobil sendirian ke TPU Karet, berharap semoga guw masih inget pusara yang guw maksud. Tapi apa? Guw kesasar men! Ampun dah, kalo kesasar di Jakarta Fair mah masih elite lah ini di kuburan hahaa. Alhasil guw pergi ke pos depan, guw tanya ini itu dan guw dianterin ke makam yang guw maksud. Pas bapak-bapak yang tadi nganterin guw balik ke pos, guw yang berbekal bunga mawar putih jongkok diem disamping makam itu. (Fyi kalo nyekar ke makam guw ga pernah bawa kembang tujuh rupa dan aer kembang, tapi selalu mawar putih, ga tau kenapa? Otak guw sih bilang biar yang didalem makam inget terus sama guw..) Terus guw ngeluarin Yassin dari kantong jaket dan baca, walaupun guw tau kita ga seagama, tapi bodo amat cuma itu yang guw bisa. Okay. Abis baca Yassin pun guw diem. Naro bunga terus diem lagi. Ya ampun guw ga tau harus ngapain? Sumpah deh.. Jujur kalo ngeliat nisannya pun guw ngerasa bersalah banget, sampe sempet mikir mending guw yang ada di situ, mungkin hari ini akan lebih baik.

Samantha Mehitabel Eleazar
Lahir : 18 Juni 1994
Wafat : 20 Juni 1994


Ya Samantha, sebenernya dia ade guw, dan emang bener-bener ade kandung guw. Dia meninggal selang dua hari setelah dia dilahirkan gara-gara jantungnya lemah. Saat itu guw masih berumur tiga taun, masih kecil belom tau apa-apa, yang guw tau ade guw meninggal oh yaudah selesai. Bangsat kan? Dan lo tau kapan guw terakhir ke tempat ini? Sebelas taun yang lalu! Bermula dari guw masuk SD intensitas guw makamnya mulai jarang, jarang, jarang banget, dan ga pernah sama sekali. Bokap nyokap sih rajin kesini. Kalaupun ada yang ngajak, guw selalu membuat banyak alasan “cape ah”, “nitip doa aja deh”, dan yang paling parah “siapa tuh? Lupa”. Anjrit parah banget ya guw.. Dulu sih pas kecil guw sering ikut kesini, guw curhat, kalo dapet mainan baru pasti selalu guw pamerin, ya biasa anak kecil masih bego. Mungkin hal-hal diatas yang bikin Samantha dateng ke mimpi guw akhir-akhir ini. Dia kangen ama guw men!

Mungkin ga banyak yang tau, sahabat-sahabat guw, bahkan cewe guw sendiri pun ga tau! Lagipula tadinya emang guw ga bakal pernah mau cerita soal ini. Dulu guw nganggep ini cuma aib keluarga. Siapa sih yang ga kaget kalo ade sendiri meninggal disaat orang lain lagi seneng-senengnya main ama ade masing-masing? Itulah pikiran pendek guw saat itu. Guw menutup rapat-rapat hal ini sampe pada akhirnya guw ngelupain dan ngebuang Samantha dari memori hidup guw. Ini jujur. Setiap ada yang nanya,
“Lo anak ke berapa nep?”
“Anak tunggal”
“Oh guw kira lo punya ade apa kakak gitu”
“Mmm ga, salah lo”
Parah kan?

Pas di makam guw ga berucap satu katapun, guw masih ngerasa bersalah ama dia dan diri sendiri. Mungkin Samantha dan Allah SWT tau hati guw lagi berontak, pengen ngomong tapi ga bisa. Samantha yang terus ganggu mimpi guw membuktikan kalo dia emang butuh doa guw, butuh perhatian guw, dan butuh pengakuan dia pernah hidup buat jadi ade guw walaupun sebentar. Dia bikin guw insom mulu, bengong sana-sini, dan maksa guw buat mikir keras supaya tau dia itu siapa? Kenapa dia selalu bilang kangen dan sedih? Dan pas iseng-iseng liat kalender hp guw di Bali kemaren, eh ada dia di bulan Juni. Guw sih cuma diem. Sekitar satu jam guw diem merenungi dan mengevaluasi kesalahan besar di makam, guw pun pulang dengan harapan dia dateng ke mimpi guw lagi tanpa raut wajah yang sedih. Amin. Balik ke mobil, nyalain ipod. Pas lampu merah terdengar Pusara-nya Anda, yailah inget kan guw jadinya. Terus abis itu Run-nya Leona Lewis, dan ngena banget pas “even if you can not hear my voice, I'll be right beside you dear”, guw ngerasa kaya Samantha yang ngomong itu ke guw. Ah. Semua ini membuat ku gila (lebay).

Pas dirumah guw langsung tiduran disofa tamu, nyokap dateng
“Dari mana a?”
“Karet”
“Ngapain?”
“Samantha, mam”
“Akhirnya tobat juga a, seneng deh. Dia itu bener-bener adenya aa tau! Keluarga kita”
“Iya”
Ya begitulah. Guw jadi inget yang dulu-dulu dimana guw sangat seneng pas belanja keperluan bayi. Semua guw yang milih, seneng gitu ade guw mau lahir. Natain kamar segala macem tapi ujung-ujungnya ga kepake dan dialihin ke sodara. Noh sekarang malah jadi kamarnya a Kasyfi. Kalo dipikir-pikir apakah Samantha dimimpi guw itu sama dengan aslinya kalo dia ada? Gila terakhir kali liat pas bayi, dan sekarang udah 15 taun. Inilah sebab mengapa guw ga suka dipanggil ‘kak’ sama siapapun, guw males ama masalah itu soalnya, kepikiran kalo Samantha yang udah guw buang manggil guw kakak juga. Kalo di ada pasti dia lagi seneng abis lulus-lulusan, lagi ribet dengan keperluan masuk SMA, jalan sana-sini ama temen-temennya, lagi sibuk facebook-twitter-blog-msn-tumblr-plurk-my space segala macem layaknya cewe yang menggilai internet, lagi genit-genitnya, ah ya gitu deh..

Walaupun guw ga bisa ngucapin, disini guw bisa nulis, tepat di 15 tahunnya dia wafat guw pengen ngebuktiin bilang guw sayang ama dia, guw udah berubah dari yang dulu, guw udah nganggep kalo dia itu ade kandung guw dan pernah hidup. Maaf buat semuanya, maaf udah bikin lo sedih karena udah dibuang ama guw, maaf. Coba kalo lo ada mungkin bokap nyokap bakal mikir dua kali buat cerai. Haha ngigo deh guw.
Dan mungkin kalo lo ada guw bakal meluk lo sekarang dan untuk selamanya.
Love you Samantha ;)

No comments:

Post a Comment

Hey trooper! Do you want to leave your several responses to this post? Present your feeling on here.

PS: Rude words were premitted on here.